Friday, January 25, 2013

PAIRING BATRE / BATERAI

 PAIRING BATRE, PAIRING BATERAI

pilih Baterai baru atau portable charger ? ini alasannya....

Baterai baru atau portable charger ? Ini adalah pertanyaan yang selalu timbul di benak kita tatkala kita mengalami kesulitan power untuk Blackberry kita. Saat kekuatan baterai Blackberry yang biasa kita pergunakan dirasa sudah tidak sekuat seperti dulu saat baru membelinya, saat kita mulai direpotkan dengan seringnya melakukan charging, padahal waktu kita cukup terbatas karena aktifitas.
Beberapa orang mencoba mengatasi masalah tersebut dengan membawa baterai cadangan. Beberapa lain nya mengatasi nya dengan membawa portable charger untuk backup powernya. Beberapa lainnya malah sampai melakukan kedua nya. Manakah pilihan yang paling tepat?
Pilihlah yang sesuai benar dengan kebutuhan anda. Sebelum memilih apakah perlu mengganti baterai Blackberry anda dengan yang baru, atau membeli baterai cadangan, atau membeli portable charger sebagai backup power, pertimbangkan lah hal-hal berikut ini :
  • Perhatikan usia baterai anda. Baterai Blackberry original memiliki umur teoritis 300 kali cycle. Satu cycle adalah satu periode charging dari kosong hingga penuh. Atau ambil sederhana nya, satu cycle adalah satu kali anda melakukan charging. Jadi jika anda biasa melakukan charging Blackberry anda 2 kali sehari, berarti kira-kira dalam 150 hari baterai anda sudah cukup berumur, dan sudah mulai kekurangan daya sehingga tidak akan sekuat dulu saat baru. Untuk baterai yang sudah berumur, saat nya anda mengganti dengan baterai baru untuk mendapatkan performa yang maksimal dari baterai.

  • Perhatikan kualitas baterai anda. Seringkali, baterai yang anda peroleh saat membeli Blackberry adalah baterai KW atau OC dengan kualitas seadanya. Hal ini akan terasa dengan sendirinya saat anda menggunakan hanheld Blackberry tersebut, daya tahan baterai nya akan sangat kurang. Hanya dalam beberapa jam saja baterai anda sudah menuntut pengisian ulang, padahal Blackberry tersebut baru saja beberapa hari dibeli. Dalam kondisi tersebut, ada dua hal yang dapat anda lakukan. Klaim ke penjual tempat anda membeli Blackberry tersebut. Atau membeli baterai baru.

  • Perhatikan fisik baterai anda. Ini hal yang paling mudah. Jika fisik baterai Blackberry anda sudah menggelembung, itu sudah tandanya baterai anda harus diganti. Mengapa baterai bisa sampai menggelembung sampai besar? Karena saat bekerja, baterai lithium akan mengeluarkan semacam gas. Sedikit demi sedikit, seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian, gas tersebut akan terus bertambah dan berkumpul. Pada akhirnya penumpukan gas tersebut akan mendorong casing baterai, yang mengakibatkan baterai menggelembung, atau banyak orang menyebutnya baterai hamil. Jika baterai anda sudah hamil, segera ganti dengan yang baru, untuk minimisasi resiko ledakan saat penggunaan atau saat charging.

  • Perhatikan pola pemakaian anda. Pola pemakaian Blackberry anda sangat berpengaruh dalam daya tahan baterai. Daya tahan baterai untuk anda yang hanya menggunakan Blackberry untuk BBM, email, dan sekali-kali browsing, tentunya akan sangat berbeda dengan anda yang menggunakan untuk BBM, Chat dalam banyak grup, sering browsing, mendengarkan lagu, melakukan pemotretan, atau bahkan navigasi GPS. Semakin banyak tugas yang dikerjakan oleh Blackberry anda, semakin terkuras dengan cepat daya baterai nya. Untuk anda yang memang intensif dalam pemakaian Blackberry, anda lebih baik membawa portable charger sebagai backup power di perjalanan. Hal ini tentunya setelah memperhatikan 3 poin sebelumnya mengenai kondisi baterai yang ada. Akan cukup sia sia jika anda membawa portable charger namun anda menggunakan baterai yang sudah seharusnya diganti. Jika menggunakan baterai buruk yang di backup dengan portable charger, anda akan tetap sering melakukan charging dengan portable charger tersebut, dan kemana mana anda akan terlihat membawa Blackberry yang selalu terhubung dengan portable charger.

  • Perhatikan jenis Blackberry anda. Ini penting diketahui untuk anda yang lebih memilih untuk membawa baterai cadangan daripada portable charger sebagai backup power diperjalanan. Jika anda memilih untuk membeli Baterai Blackberry original, maka poin ini bisa anda lewatkan. Namun jika anda memilih untuk membeli baterai aftermarket, perhatikan jenis blackberry anda. Baterai aftermarket untuk jenis Blackberry tipe terbaru (Torch, Dakota Monza Bellagio dkk, Apollo) masih memerlukan proses pairing untuk mengcopy data security dari baterai original lama ke baterai baru. Proses pairing sebetulnya sederhana, hanya menyimpan baterai lama dan baterai baru di alat pairing selama 3 detik saja. Dengan proses yang hanya sebentar ini, baterai aftermarket bisa dipergunakan di handheld Blackberry. Namun proses ini akan jadi cukup merepotkan untuk anda yang berniat menjadikan baterai aftermarket tersebut sebagai baterai cadangan. Contoh kasus nya begini : Anda membeli baterai after market baru. Anda tidak bisa menggunakan nya sebelum anda melakukan proses pairing. Setelah proses pairing dilakukan, baterai aftermarket tersebut bisa dipakai. Lalu anda memakainya. Saat habis, anda akan menggunakan baterai original yang anda bawa sebagai cadangan. Sampai titik ini tidak ada masalah, baterai original bisa langsung digunakan. Namun ketika baterai original tersebut akhirnya habis juga, dan anda akan menggunakan baterai aftermarket kembali, maka anda harus melakukan proses pairing kembali. Kesimpulannya, jika anda menggunakan Blackberry tipe terbaru (selain Onyx dan Curve) dan ingin membawa baterai cadangan, maka pilihan anda adalah membeli baterai original. Atau jika baterai original sudah harus diganti, gantilah dengan baterai aftermarket, dan backup dengan portable charger.
Dengan memperhatikan hal-hal yang disebutkan diatas, maka anda dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah anda. Anda bisa mengganti baterai dengan baterai yang baru, atau membeli portable charger untuk backup di jalan, atau kedua nya.


original post:  http://batrebb.com/index.php?route=information/information&information_id=21

Kalibrasi / calibrate sesuai dengan asal katanya berarti mengatur/menyesuaikan kembali.
Jadi arti teknisnya menyesuaikan kembali dari keadaan yang kurang baik.

    Mengapa batre perlu dikalibrasi ?

    Kita telah tahu bahwa batre Blackberry itu berjenis Li-ion. Jika kita sering charge batere padahal batere masih posisi 20% lagi misalkan, berarti 20% dari elektron-elektron sel itu jarang kita pakai, jika lama-lama sel-sel itu tidak dipakai maka sel akan mengalami kejenuhan (saturasi) dan sel akan mati tentunya. Untuk itu perlu adanya penggunaan batere sampai habis 0% dengan maksud elektron sel tadi itu jadi terpakai dan nanti dicharge lagi supaya sehat.

    Gunanya kalibrasi batre :


    Untuk menyehatkan sel sel yang jarang terpakai sehingga tidak mati karena saturasi.
    Agar penunjukan persentase batere akurat
    Untuk menstabilkan kinerja batere dan health dari batere jadi stabil.
    Untuk mencegah cepatnya batere drop dan bocor
    Tentunya agar batere awet dan umurnya panjang.


Original Posted By pradan24 ►:
Dua macam cara kalibrasi batre:

- Kalau punya 2 batre dengan tipe sama (sama2 original)
1. Pake BB sampe mati, trus cabut batrenya
2. Masukkin batre yg satu lagi sampe bb ke load sempurna, abis itu matiin, trus cabut batrenya.
3. Masukkin batre yg pertama tadi
4. Charge BB sampe penuh (3-4 jam, saran: 4 jam)

- Kalau punya 1 batre
1. Pake BB sampe mati
2. Diemin kurleb 1 menit (jangan kelamaan)
3. BB dicharge (dalam keadaan mati) sampai penuh (3-4 jam, saran gue 4 jam)

Keterangan penting dan HARUS DIBACA:

Berdasarkan tipe batre BB yg Li-ion, sangat tidak disarankan buat bikin batre betul-betul 0% tersisa (sampe BB ga bisa nyala).

Langkah no. 1 di dua cara di atas, maksudnya cukup lakuin sampe BB mati. BB mati bukan berarti batre sisa 0%, karena sesaat setelah BB dipake sampe mati trus tombol power dipijit, layar BB masih bisa nyala sebentar -> mengindikasikan batre masih ada sisa power (tidak betul-betul 0%).

Selain itu, ga usah terlalu berlebihan dalam melakukan kalibrasi batre. Berlebihan disini misalnya tiap hari kalibrasi, atau tiap inul OS trus kalibrasi atau setiap gada kerjaan kalibrasi. Kalibrasi batre sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali, atau per 30 kali ngecharge, lakukan 1 kali kalibrasi.

Dan biar batre awet, sekali lagi ditekankan, jangan kebiasaan baru ngecharge BB saat indikator batre jadi merah. Mendingan saat indikator kuning juga udah langsung dicharge.

SUMBER: http://www.kaskus.co.id disadur dari bermacam forum.

gambar alat pairing:

3 comments:

  1. alat pairing itu berapa harganya nyaq gan?, ane kesulitan nih dengan bb ane yg udh jadul

    ReplyDelete
  2. kalo beli batre yang bagus skalian, ada alatnya gratis. atau kalo beli batre, tanyakan ke penjual, yang skalian bundle sama alat pairingnya.... jangan yang bijian doank

    ReplyDelete