Thursday, April 5, 2012

Fungsi Organ Tubuh manusia

Memahami Fungsi Organ Tubuh Kita



Darah : darah adalah alat transprotasi utama bagi tubuh. Darah mengnkut oksigen, sari makanan dan zat-zat kimia vital ke semua jaringan tubuh serta mengambil semua zat-zat buangan keluar.

Jantung : adalah alat pemompa dengan empat kamar dimana pembuluh-pembuluh darah utama dari dan ke seluruh tubuh. Denyutnya membuat ke empat kamar tersebut mengembang dan mengeru, mengalirkan darah ke empat kamar tersebut secara beraturan.

Paru-paru : berfungsi sebagai alat pernafasan, untuk membersihkan darah dengan oksigen yang dihisap dari udara. Proses pemasukan (menghisap) dan mengeluarkan (menghembuskan) udara, memungkinkan tubuh menyerap oksigen yang diperlukan untuk menghasilkan energi, serta untuk menghilangkan CO2 dan air, zat buangan hasil proses tersebut.

Otak dan sistem syaraf : otak bersama sistem syaraf menyediakan mekanisme pengendalian atas kegiatan sadar (mis : pikiran dan gerakan) maupun kegiatan tak sadar (mis : pernafasan atau pencernaan). Syaraf juga mencatat rangsangan seperti temperatur dan rasa nyeri. Otak dan sistem syaraf membutuhkan kiriman darah beroksigen setiap saat.

Hati : adalah organ dalam tubuh kita yang terbesar. Sari makanan yang diserap dari sistem pencernaan segera di bawa ke hati di vena portal. Hati berperan penting dalam mengatur komposisi darah dan reaksi kimia lainnya dalam tubuh. Tugasnya mencakup penguraian sel darah merah yang tua yang mengandung pigmen hemoglobin merah, produksi dan penyimpanan protein, serta pengaturan metabolisme protein serta produk sampingannya. Fungsi penyangga kehidupan lainnya meliputi penyimpanan gula dan lemak, menetralkan bahan beracun bagi tubuh, mengurai obat-obatan, memproduksi bile (cairan yang masuk ke duodenum untuk membantu mengurai lemak), serta memproduksi dan menyimpan komponen sel darah merah.

Limpa : adalah kelenjar lymfa yang besar, yang bertugas mengatur metabolisme zat besi, penyimpanan sel-sel darah, serta membuat dan menghancurkan sel-sel darah. Bila sel darah merah menua atau cacat, limpa membantu hati menyaring dan mengeluarkannya dari aliran darah. Limpa juga memproduksi sel-sel pembantu untuk menghancurkan bakteri asing.

Pankreas : membuat enzim yang mengalir ke duodenum untuk membantu mencerna makanan, memproduksi hormon insulin dan glcogen, yang berperan mengatur kadar glukose dalam darah. Glukose adalah sumber energi utama bagi sel-sel tubuh, sedang insulin merangsang sel-sel tubuh untuk menyerapnya dalam jumlah secukupnya.

Ginjal : bertugas menyaring zat-zat buangan dari darah agar darah tetap bersih. Cairan hasil saringannya dialirkan ke pusat ginjal, dimana beberapa zat kimia diserap lagi untuk memantau kadar asam, garam, dan air dalam tubuh. Cairan yang tersisa hanyalah air seni yang mengalir turun di ureter ke kantung kemih, yang tertutup rapat oleh cincin (sphincter) dan dikeluarkan secara periodik melalui urethra.

Kondisi kesehatan tubuh kita sangat dipengaruhi oleh kandungan nutrisi dari makanan dan minuman serta kualitas kebersihan oksigen yang dikonsumsi setiap hari, karena secara langsung mempengaruhi komposisi darah dan reaksi kimia penting lainnya di dalam tubuh

No comments:

Post a Comment